Posisi Tidur yang Baik

Kamis, 11 Oktober 2012 | comments (1)

Tidur yang cukup sangat diperlukan oleh tubuh kita. Pada umumnya tubuh kita memerlukan tidur selama 6-8 jam dalam satu hari (menurut pelajaran waktu masih sekolah dulu). Posisi tidur kita pun bermacam-macam, ada yang suka tidur tengkurap, terlentang, memeluk bantal guling, sampai posisi tidur favorit saya adalah terlentang sambil tangan membuka ke atas.

Namun tahukah anda kalau posisi tidur bisa mempengaruhi kondisi tubuh kita? Sebagai contohnya, suatu saat anda merasa sangat bugar ketika anda bangun tidur, ada kalanya anda merasa lemas dan pusing atau mungkin merasakan sakit pada leher ketika bangun tidur. Biasanya sakit pada leher ini disebut "Salah Bantal" (lho kok bantal yang disalahin?).

Kondisi tubuh yang buruk ketika anda bangun tidur bisa disebabkan karena posisi anda yang kurang baik saat tidur. Lalu bagaimana posisi tidur yang baik?

Jika anda seorang muslim, tentu anda mengidolakan Rasulullah Nabi Muhammad S.A.W. kan? Memang segala sifat, sikap dan kebiasaan beliau patut dicontoh. Rasulullah mengajarkan bahwa posisi tidur yang berkualitas adalah miring ke kanan menghadap kiblat. Kalau soal menghadap kiblat, saya kurang paham manfaatnya, namun sebagai seorang muslim, saya percaya kalau yang dianjurkannya pasti ada manfaatnya.

Tidur dengan posisi miring ke kanan sangat dianjurkan oleh medis, karena dengan posisi miring ke kanan maka kinerja jantung akan lancar karena posisi jantung tidak tertekan oleh berat badan. Tidur dengan posisi miring ke kanan juga dapat mencegah lidah untuk turun ke pangkal tenggorokan sehingga saluran pernapasan kita tidak terganggu.

Masih banyak lagi fakta medis tentang manfaat tidur dengan posisi miring ke kanan, namun saya hanya menjelaskan fakta medis yang mudah dipahami saja.

Selain posisi miring ke kanan, tidur terlentang beralaskan karpet atau tikar bisa mengembalikan struktur tulang belakang. Menurut cerita temanku, waktu itu dia mendaftar untuk masuk ke caba TNI, dan saat tes kesehatan, ternyata struktur tulang belakangnya bengkok, dan disarankan untuk melakukan tidur dengan posisi terlentang tanpa kasur dan bantal. Memang terdengar tidak menyenangkan, tapi tengok dulu manfaatnya :)
Share this article :

1 komentar:

  1. silahkan ikuti lomba blog anti korupsi
    info : www.asgexpo2012.blogspot.com

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Live It Now! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger