Pentingnya Membaca TOS Sebelum Memulai Bisnis PPC

Selasa, 09 Oktober 2012 | comments

Apa yang anda ketahui tentang bisnis PPC? Ya benar, PPC (Paid Per Click) adalah sebuah bisnis di mana kita (Publisher/Website Owner) menayangkan iklan-iklan yang disediakan oleh penyedia layanan PPC. Kita akan mendapat komisi setiap iklan yang diklik oleh pengunjung website kita.

Banyak sekali situs penyedia layanan PPC luar negeri maupun lokal. Dari luar negeri, kita mengenal yang paling terkenal dan tidak diragukan lagi ke-legitannya adalah Google Adsense. Tidak mudah agar website kita dapat diterima untuk menampilkan iklan dari Google Adsense. Ada juga alternatif PPC lain selain Google Adsense, seperti Chitika dan Adhitz.

Selain PPC luar, ada juga PPC lokal yang dibangun oleh anak negeri seperti KlikSaya, AdsenseCamp, KumpulBlogger, dan IdBlogNetwork. Yang paling terkenal karena berani membayar tinggi publisher untuk setiap iklan yang diklik adalah IdBlogNetwork. Komisi per-klik oleh IdBlogNetwork dapat mencapai Rp 2.000. Namun, seperti halnya Google Adsense, tidak mudah agar website kita dapat diterima oleh IdBlogNetwork. Karena itu, bagi blogger atau website owner pemula bisa mencoba mendaftar di KlikSaya, AdsenseCamp, KumpulBlogger, dan berbagai layanan PPC lain yang terbukti ke-legitannya.

Namun, ada beberapa hal yang harus anda cermati sebelum memulai bisnis ini. Sebelum anda mulai mendaftarkan dan menampilkan iklan di blog/website anda, pastikan anda sudah membaca TOS (Term of Service) dari layanan PPC yang anda ikuti. TOS adalah persetujuan/perjanjian berisi peraturan yang mengikat baik antara penyedia dan pengguna layanan PPC.

Kebanyakan dari kita melakukan pendaftaran di berbagai situs dengan mengabaikan TOS dan langsung mengklik atau men cek-list tulisan seperti "Saya setuju dengan ketentuan dan TOS layanan ini". Namun untuk situs semacam PPC, jangan coba-coba untuk mengabaikannya. Karena sekarang banyak sekali kasus-kasus di mana Publisher sudah mencapai batas minimal pembayaran komisi namun secara tiba-tiba komisi dipotong atau lebih parah lagi akun di banned karena dianggap melanggar TOS. Tindakan sepihak semacam ini, meskipun terlihat merugikan bagi publisher, namun tidak melanggar hukum. Karena pada awal pendaftaran, publisher sudah menyetujui ketentuan yang berlaku. Itulah pentingnya untuk membaca TOS.

Bisnis, baik itu online maupun secara offline (langsung) akan baik jika dilakukan dengan baik dan benar pula. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Live It Now! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger